Jumat, 21 Februari 2014

Bahan Sprei

Pada saat anda ingin membeli sprei maka bagi anda yang bukan penjual sprei dan belum perpengalaman dalam hal memilih bahan sprei maka anda akan mengalami banyak kesulitan dalam menentukan pilihan bahan tersebut karena di pasaran ada ratusan jenis bahan yang sulit bagi orang awam untuk mengetahuinya. Untuk itu kami ingin mengulas bahan sprei yang paling banyak beredar di pasaran. Harapannya dengan sedikit pengetahuan bahan ini akan memudahkan anda dalam menentukan pilihan pada saat membeli sprei.
Kain katun merupakan bahan sprei yang paling banyak dipilih orang boleh dikatakan primadona bagi pengguna sprei dibandingkan dengan bahan sprei berkualitas tinggi seperti linen maupun kain sutra karena disamping harganya cukup ekonomis kualitasnyapun cukup memuaskan meskipun tidak bisa menyampai kualitas kain lenen maupun sutra.
Pada prinsipnya kain katun untuk bahan sprei bisa kita kelompokan menjadi tiga jenis. yaitu :

1. Katun Jepang : Namanya juga Jepang maka kain ini diimport langsung dari Jepang dengan tekstur yang lebih halus, lembut, dingin serta warna lebih tajam dan terang namun motifnya sangat terbatas. Harga tentunya lebih mahal dibandingkan dengan Katun Cina ataupun Katun Lokal.

2. Katun Cina atau disebut juga Kain Twill/Canon : Bahan ini mempunyai 2 grade yaitu grade rendah dan grade tinggi. Untuk grade rendah warnanya kurang cerah dan agak tipis sedangkan yang grade tinggi hampir menyerupai katun jepang. Menurut pengalaman kami dalam penjualan sprei bahwa sprei jenis ini peminatnya kurang dibandingkan dengan katun lokal. Mungkin disebabkan dari harga dan motif yang kurang pas dibandingkan dengan katun lokal. Namun bagi anda yang ingin mencoba tidak ada salahnya memiliki sprei jenis bahan ini sebagai pembanding dengan sprei katun jenis lain.

3. Katun Lokal : Banyak mendominasi pasaran karena banyak pilihan motif maupun warnanya. Bahan ini cukup halus, lembut, rapat, dingin dan tidak luntur. Secara harga cukup ekonomis dan banyak motif pilihan sehingga kain katun lokal ini paling banyak beredar di masyarakat. Silahkan anda memilih sesuai dengan pilihan anda dan setiap merk akan mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda.
Beberapa Jenis Katun Lokal diantaranya :
a. Kain TC / Poly TC, bahan sprei jenis ini paling banyak digunakan di masyarakat kita mengingat harga jadinya hanya sekitar 50-60 ribuan. Harga yang sangat murah ini tentunya sebanding dengan kualitasnya yang rendah. Jangan kecewa jika beli sprei dengan bahan jenis ini maka waktu dicuci akan luntur, berbulu, kalau dipakai panas dan kasar.
b. Kain CVC / Cotton Viscose , biasa digunakan dilevel menengah ke atas dan disukai pasangan muda-mudi saat ini karena selain warnanya cerah dan motif sprei beragam. Bahan sprei katun jenis ini juga banyak digunakan di hotel-hotel untuk kategori sprei fitted dan bisa juga digunakan untuk sprei flat.
c. Kain Dolby,  memiliki motif sprei garis garis atau kotak-kotak. Jenis kain ini biasanya  digunakan di hotel-hotel bintang empat ke atas karena mengandung satin sehingga sprei tampak berkilau dan mewah. Umumnya tersedia warna putih atau keemasan.
d. Kain King Koil/Jacquard, kain ini mempunyai karakteristik dingin, lembut dan full katun.  Motif berpasta sehingga tidak menonjol warnanya (antara motif dan background sama warnanya) dan warnanya kurang cerah. Katun jenis ini tidak tahan terhadap pemutih pakaian karena jika sering dipakai pemutih maka warna akan cepat memudar. Tapi disamping kekurangan ini ada kelembutan dan dinginnya  luar biasa sehingga rasanya empuk sekali kalau dipakai.
e. Kain CVC 200,  sebenarnya bahan sama dengan Kain CVC namun kerapatan benang 200 sehingga kelihatan lebih tebal, lebih rapat dan lebih putih. Banyak hotel menggunakan Kain CVC 200 ini dibandingkan dengan yang full katun karena lebih tahan noda sehingga memudahkan untuk perawatannya.
Katun Star dan Katun Panca merupakan Katun Lokal dengan bahan terdiri atas 80% Katun dan 20% Polyester. Untuk motif penuh maka sprei akan kelihatan lebih tebal akibat dari cetakan yang lebih banyak sehingga agak kaku namun tetap masih nyaman untuk dipakai.

0 komentar:

Posting Komentar