Jumat, 21 Februari 2014

Cara Membuat Sprei

Barangkali anda mempunyai keinginan untuk membuat sprei sendiri maka tidak ada salahnya kalau mencoba siapa tahu dengan ketekunan dan ketelitian anda maka membuat sprei menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Secara garis besar langkah-langkah cara membuat sprei sendiri silahkan ikuti berikut ini  :

1. Bahan Sprei
Silahkan memilih sendiri bahan sprei yang diinginkan mulai dari yang murah sampai yang mahal semuanya ada di pasaran. Untuk percobaan awal sebaiknya menggunakan bahan kain katun yang murah dulu agar kalau ada kesalahan tidak terlalu menyesal. Diusahakan motifnya yang tidak banyak corak karena sebagai pemula akan kesulitan pada saat menyambung corak bila salah potong maka pada saat penyambungan corak akan kelihatan terputus padahal yang benar adalah corak pada sambungan tidak terlihat putus polanya.

2. Peralatan dan Perlengkapan
Selain bahan kain yang perlu dipersiapkan adalah peralatan dan perlengkapan diantaranya : karet elastis untuk setiap sudutnya, benang yang sesuai denagn warna sprei, tali kur biasanya untuk pinggiran bantal agar kelihatan cantik, jarum, tali pita untuk sarung bantal, mesin jahit, pensil, meteran, gunting untuk memotong kain dan tidak lupa juga setrika untuk menyetrika jika sprei sudah jadi agar tidak kusut.

3. Menghitung Kebutuhan Bahan Sprei
Sprei yang ada di pasaran biasanya sudah standard yaitu ukuran lebar 100, 120, 160, 180, 200 cm dan panjang 200 cm dengan ketinggian 20 cm. Apabila ada pesanan khusus terutama perubahan tinggi akan dikenakan biaya tambahan per 5 cm. Jika anda membuat sendiri tentunya  bisa disesuaikan dengan ukuran kasur sehingga tidak perlu mengikuti standard tadi yang nantinya benar-benar bisa pas sesuai dengan ukuran kasur dan tempat tidur.
Pola-Sprei
Coba kita perhatikan bidang kain yang dibentangkan di samping ini. Lebar bahan kain yang ada di pasaran biasanya 240 cm maka bila dipotong kedua sisinya masing-masing 20 cm maka akan sisa 200 cm. Itulah kenapa  panjang sprei standard adalah 200 cm yang merupakan lebar kain standard.

Jika kita ingin menghitung kebutuhan bahan kain untuk spreinya saja (warna hijau) maka  ukuran sprei 180 x 200 cm akan diperlukan bahan 220 cm (20+180+20) = 2,2 m (dengan lebar bahan standard = 240 cm = 2,4 m). Jadi bilang ke tempat penjual kain kita beli kain panjangnya 2,2 m mereka sudah tahu kok. Dengan cara yang sama jika ingin ukuran sprei 100×200 cm maka kebutuhan kain untuk spreinya saja adalah (20+100+20)=1,4 m.

Sekarang kebutuhan kain untuk sarung bantal dan sarung gulingnya bagaimana ?
Sarung BantalCara menghitungnya begini, misal untuk sprei ukuran 180×200 cm maka diperlukan 2 sarung bantal dan 2 sarung guling. Perhatikan gambar di samping ini. Lebar kain 240 cm dipotong 50 cm kemudian dibagi 2  masing-masing 120 cm untuk dibuat 2 sarung bantal. Untuk sarung guling kita potong 75 cm dan masing-masing dipotoing lagi 2 kali 100 cm (gambar hijau) untuk 2 sarung guling dan sisanya 2 kali 20 cm kita satukan dengan potongan sarung bantal yang 50 cm untuk dijadikan sarung bantal. Dengan demikian total kebutuhan bahan kain untuk sprei ukuran 180×200 cm adalah 220 cm + 50 cm + 75 cm = 345 cm = 3.45 m. Ukuran di atas untuk sarung bantal ukuran 50×70 cm dan sarung guling ukuran 75×100 cm. Jika anda ingin membuat ukuran sarung bantal dan sarung guling yang lebih besar atau lebih kecil dari ini maka kebutuhan kainnya tentunya perlu ditambah atau dikurangi.

4. Membuat Sprei
Misalnya kita ingin membuat sprei dengan ukuran 180 x 200 cm dengan 2 sarung bantal dan 2 sarung guling maka sesuai dengan perhitungan kebutuhan kain kira-kira 3.45 m dengan perincian 2.2m untuk sprei dan 1.25 m untuk 2 set sarung bantal dan sarung guling seperti perhitungan di atas.

- Potonglah kain 3.5 tadi menjadi 2.2 m untuk sprei dan 1.25 m untuk sarung bantal dan sarung guling dengan lebar kain standard 2.4 m.
- Untuk kain dengan ukuran 2.2 seperti gambar di atas potong masing-masing sudutnya (warna kuning) 20×20 cm  yang nantinya akan menjadi sudut sprei apabila dijahit. Setelah itu masing-masing pojok kita jahit untuk membentuk sudut dan kita pasang karet di tepinya.
- Untuk pemotongan bahan sarung bantal dan sarung guling perlu diperhatikan coraknya sehingga pada saat dijahit polanya tidak kelihatan terputus. Kain dipotong sesuai dengan ukuran di atas dan masing-masing tepinya dijahit untuk menjadi sarung bantal dan sarung guling. Usahakan menyisakan 1-2 cm pada setiap potongan untuk batas sisa jahitan.
- Sebaiknya untuk menghindari benang terlepas maka jika memungkinkan obraslah di setiap pinggiran potongan kain. Bila tidak punya mesin obras maka bisa diobraskan ke tempat yang punya mesin obras. Obras juga bisa dilakukan setelah jahitan selesai.
- Biasakan menjahit secara berurutan mulai dari sprei, sarung bantal dan sarung guling dengan pola potongan kain yang pas agar tidak menyisakan bahan kain.
- Jika semua penjahitan sudah selesai cek kualitas jahitannya dengan merapikan sisa-sisa benang yang berjuntai tidak teratur.

Demikianlah sekilas tentang cara membuat sprei sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan sprei sendiri. Dengan membuat sprei sendiri tentunya total harga sprei akan lebih murah jika dibandingkan dengan beli sprei karena tidak memasukan ongkos pekerja. Berani mencoba ?

12 komentar:

  1. Informasi yang sangat berguna. Terimakasih banyak...

    BalasHapus
  2. Berapa bahan yang di perlukan kalau membuat sprei dengan rumbai ukuran 160x200 tinggi 25cm, 2sargul dan 2sarban dengan rumbai? Terimakasih

    BalasHapus
  3. Mks infonya pas lg mau nyari2 bahan seprei... oh ya ada yg punya info penjual kain seprei bahan /jadi yg murah ?? Tuk hotel /kosan?? Yg wil surabaya ya...mhn info ke halidindo@gmail.com.... mks sblmnya...

    BalasHapus
  4. Untuk info bahan seprei, slimut hub.085227272427

    BalasHapus
  5. Klo 120:2= 60 bukan? Jadi ini ukuran bantalnya 60x50...bukan 70x50...hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ko mbak d bikin 70x50 itu kan ad yg kotak uk 20cm (it untuk sambungan lidah bantal)

      Hapus
  6. Mau buat sprei UK 90x200 dgn 2 bantal perlu brp mtr ya? Mohon pencerahannya, mksh

    BalasHapus
  7. Ukuran diatas udah termasuk kempuh kah? Atau belum? Klo belum apa perlu dilebihkan?

    BalasHapus
  8. sangat membantu informasinya thanks

    BalasHapus
  9. @apa bisa sperei ukuran 160 x 200 potong kainya 200x 240?

    BalasHapus
  10. Kalo untuk uk king, bantal 4 dan 2 guling berapa meter kainnya?

    BalasHapus