Jumat, 21 Februari 2014

Cara Mencuci Sprei

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa tips mencuci sprei dan merawat sprei dan bed cover agar warna  tetap cemerlang dan tahan lama, diantaranya :
  1. Syarat mutlak adalah kualitas air untuk mencuci harus bersih dan tidak berwarna kuning jika airnya tidak bersih terutama diperumahan-perumahan yang bekas persawahan dan airnya belum dilakukan penyaringan lebih lanjut maka sprei yang sering dicuci dengan air semacam ini secara otomatis warnanya akan lekas pudar dan yang berwarna putih akan semakin berwarna kekuning-kuningan. Jika memang kondisi air demikian maka airnya perlu diendapkan terlebih dahulu semalaman agar sedikit lebih jernih kalau perlu pakai tawas untuk menjernihkan air tersebut kemudian air ini dipakai untuk merendam sprei dan usahakan jangan terlalu lama merendamnya sekitar 5-10 menit saja agar kotoran air tidak meresap kedalam sprei. Usahakan pemakaian sprei tidak cepat dikotori agar sprei tidak sering dicuci kalau memungkinkan sebulan sekali.
  2. Untuk memudahkan pencucian dan agar tidak terjadi kelunturan jika kebetulan spreinya luntur maka sebaiknya dipisahkan dulu antara sprei, bed cover dan pakaian yang lain pada saat merendam maupun pada saat pencucian.
  3. Jika airnya cukup jernih silahkan direndam dengan detergen namun usahakan tidak lebih dari 1 jam dan jangan menggunakan bahan pemutih saat dilakukan perendaman karena akan cepat merusak warna. Jika memungkinkan pada saat merendam pakai air hangat-hangat kuku biar kotoran yang menempel pada sprei mudah dibersihkan.
  4. Jika mencuci dengan mesin cuci usahakan menggunakan kecepatan normal dan jangan dicampur dengan bed cover atau pakaian yang lain dan bila dicuci pakai tangan usahakan tidak disikat dengan kencang namun cukup diucek dengan perlahan.
  5. Pengeringan dapat dilakukan dengan mesin cuci atau dapat diperas dengan pelan-pelan dan setelah dirasa agak kering maka dapat segera dijemur dalam kondisi terbalik dan usahakan tidak langsung terkena terik sinar matahari agar warna tidak cepat pudar.
  6. Pada saat disetrika usahakan panasnya dipilih sesuai dengan bahannya. Misalnya untuk sprei berbahan katun maka pilihlah ukuran panas untuk katun karena kalau terlalu panas maka akan cepat halus namun warna akan cepat pudar dan sebaliknya kalau tidak panas maka warna akan awet namun hasil setrikaan tidak halus.
  7. Penyimpanan, usahakan sprei disimpan dalam kondisi sudah disetrika karena kalau disimpan dalam kondisi belum distrika maka bekas lipatan sprei akan tampak meskipun sudah disetrika.
Demikianlah beberapa tips untuk memperlakukan sprei agar warna tetap cemerlang dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar